Rabu, 04 Januari 2012

Post Artikel ke Blog dengan Microsoft Word 2007

Teman Saya kebetulan ada menginstall office 2007. Saya langsung iseng-iseng coba office baru ini. Pusing juga saat pertama kali memakai office suite yang baru ini (baru Microsoft Word sih). Masalahnya menu-nya sekarang sudah beda banget (nama menunya Ribbon kali ya?). Mau cari tombol “save as”, Tools àOptions susah banget, setelah 30 menit bingung akhirnya baru nyadar kalau logo office di kiri atas itu bisa di click dan menu yang hilang ada disana semua…….sial.
Iseng-iseng lihat di menu office, ternyata pada bagian “publish” ada menu untuk mem-post tulisan yang ada di word ke blog (lihat gambar dibawah). Kebetulan Saya punya blog disini dan langsung mencoba.
REGISTER BLOG DI WORD 2007

Saat tombol itu di click akan muncul dialog box yang meminta untuk register account seperti yang terlihat dibawah ini. Pilih “register now” (karena saya sudah punya satu blog).

Dialog box berikutnya akan menanyakan tentang Blog provider, karena kebetulan saya memakai WordPress maka saya pilih WordPress.
Saat muncul dialog dibawah ini, masukan URL blog (dalam kasus saya http://pandarion.wordpress.com/xmlrpc.php). Ditahap ini saya kena masalah proxy, komputer teman saya ada dibelakang firewall/proxy jadinya setiap kali Word 2007 mencoba contact dengan blog provider selalu gagal. Salah satu cara saya akalin adalah dengan tidak mengisi dahulu username dan password (dikosongkan). Word 2007 baru akan memberikan sebuah pop up windows menanyakan username dan password untuk proxy. Masukkan username dan password untuk proxy dan click “ok”. Word 2007 mungkin akan memberikan pesan error bahwa dia tidak dapat meng-contact provider blog tapi tidak apa-apa. Sekarang barulah isi username dan password untuk account blog Anda (Yonscun dalam kasus saya). (lihat gambar dibawah)
Setelah tombol “OK” ditekan akan muncul :
MENGIRIM SEBUAH ARTIKEL

Mengirim artikel cukup gampang, setelah selesai mengetik cukup click “Office Button” à Publish à Blog.
Ada 3 hal yang perlu diperhatikan :
  1. Word 2007 tidak akan memperingati bila kita lupa mengisi Title, sehingga saya pernah kejadian punya artikel tanpa judul
  2. Word 2007 tidak akan memperingati bila kita lupa assign category, sehingga artikel masuk ke kategori “other”
  3. Bila ingin manage account maka click saja tombol “Manage Accounts” di tab “Blog Post
  4. Gambar pada word umumnya akan di upload ke server blog secara otomatis (ini yang Saya paling suka hahaha)

KEKURANGAN BLOG DENGAN WORD 2007

Konsistensi tampilan sepertinya kurang, coba lihat artikel http://pandarion.wordpress.com/2007/10/04/tempat-terbaik-untuk-karir/ disana terlihat jelas bullet-nya pada aneh semua (sebenarnya saya sudah pake yang standar bulat)
Terkadang tulisannya bisa hilang (jadi warna putih) bila tulisan di word 2007 terlalu besar atau warnanya terlalu kontras. Saran saya sih upayakan tidak memakai “Styles” dahulu (karena artikel diatas banyak memakai “Modern” styles )
Sedikit Update:
“Setelah Office 2007 SP1 keluar, kompabilitas dengan blog engine menjadi semakin baik. HTML code yang digenerate sekarang lebih bersih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More